BAB IV
ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS DAN RENCANA KERJA
A. Identifikasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman
1. Identifikasi Faktor Internal dan eksternal
Faktor Internal merupakan semua faktor yang menjadi kewenangan dan tanggungjawab serta kendali unit kerja penulis.[1] Faktor internal terdiri dari strengths (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan).
Strengths (kekuatan) merupakan kemampuan melaksanakan atau menyelesaikan tugas dengan baik dan benar, dan sumber daya yang tersedia cukup, serta berada dalam kondisi baik.[2] Sedangkan weaknesses (kelemahan) merupakan kemampuan yang rendah dalam menyelesaikan tugas, dan sumber daya yang terbatas dan kapasitasnya berkurang.[3]
Faktor Eksternal merupakan semua faktor yang tidak berada dalam kewenangan dan tanggungjawab serta kendali unit kerja penulis.[4]
Identifikasi Faktor Internal dan Eksternal dengan menggunakan methode SWOT pada Bidang Penelitian Substansi Hukum merupakan langkah awal yang dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terkait tema Diklatpim Tingkat III BKN Tahun 2011, yakni: ”Mengembangkan Budaya Kerja Pegawai Negeri Sipil Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Kepegawaian, dalam Mewujudkan Organisasi yang Efisien dan Efektif.” dan gap antara keadaan sekarang dan keadaan yang diinginkan.
Berdasarkan hasil brainstroming dan pengamatan terhadap isu aktual yang diprioritaskan, telah diidentifikasi dan diklasifikasi faktor-faktor yang berpengaruh, antara lain adalah seperti yang terpapar dalam Tabel 7 mengenai Identifikasi Faktor Internal dan Eksternal di bawah ini.
Tabel 7
IDENTIFIKASI FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL
FAKTOR INTERNAL | |||
STRENGTHS (Kekuatan) | WEAKNESSES (Kelemahan) | ||
1 | Adanya peneliti berpengalaman | 1 | Minimnya peneliti ‘ber-basic’ kwantitatif. |
2 | Adanya komitmen pimpinan | 2 | Belum adanya profesor research |
3 | Adanya pola penelitian | 3 | Peralatan komputer belum mencukupi |
FAKTOR EKSTERNAL | |||
OPPORTUNITIES (Peluang) | THREATS (Ancaman) | ||
1 | Adanya permintaan penelitian dan Pengkajian | 1 | Adanya lembaga penelitian lain |
2 | Adanya permintaan Naskah Akademik | 2 | Adanya Konvensi Internasional |
3 | Adanya permintaan penulisan karya ilmiah | 3 | Adanya perubahan politik |
2. Tingkat Urgensi Faktor Internal dan Eksternal
Komparasi antar faktor ini menunjukkan seberapa penting atau menjadi kebutuhan untuk mencapai tujuan dan sasaran, yang ditandai dengan nomenklatur NU yakni Nilai Urgensi atau Nilai Faktor. Nilai 5 menunjukkan faktor tersebut sangat besar/tinggi dalam mendukung pencapaian tujuan dan sasaran. Sedangkan komparasi yang dilakukan mempunyai NU terkecil adalah 1 menunjukkan bahwa faktor ersebut sangat kecil/rendah dalam mencapai tujuan dan sasaran.[5]
BF adalah Bobot Faktor yang merupakan hasil sebagai kondisi faktor yang menjadi kebutuhan.[6] Bobot suatu faktor dalam organisasi menurut Mitchael Armstrong dan Helen dalam buku the Art HRD Reward Management adalah ukuran relative pentingnya keberadaan suatu factor dalam mencapai tujuan dan sasran
Besaran nilai BF ditentukan dengan rumus sebagai berikut:[7]
BF = N F x 100%
∑NF
Tingkat urgensi faktor internal dideskripsikan dalam Tabel 8, sedangkan tingkat urgensi faktor eksternal dideskripsikan dalam Tabel 9 di bawah ini.
Tabel 8
TINGKAT URGENSI FAKTOR INTERNAL
| Faktor Internal | Tingkat Komparasi Urgensi faktor | |||||||
| S1 | S2 | S3 | W1 | W2 | W3 | NU | BF (%) | |
S1 | Adanya Peneliti berpengalaman |
|
|
|
|
|
| 4 | 0.16 |
S2 | Adanya komitmen pimpinan |
|
|
|
|
|
| 5 | 0.20 |
S3 | Adanya pola penelitian |
|
|
|
|
|
| 4 | 0.16 |
W1 | Minimnya peneliti ‘ber-basic’ kwantitatif. |
|
|
|
|
|
| 4 | 0.16 |
W2 | Belum adanya profesor research |
|
|
|
|
|
| 5 | 0.20 |
W3 | Peralatan komputer belum mencukupi |
|
|
|
|
|
| 3 | 0.12 |
| Total |
|
|
|
|
|
| 25 | 1.00 |
Tabel 9
TINGKAT URGENSI FAKTOR EKSTERNAL
| Faktor eksternal | Tingkat Komparasi Urgensi Faktor | |||||||
| O1 O1 | O2 | O3 | T1 | T2 | T3 | NU | BF (%) | |
O1 | Adanya permintaan penelitian dan pengkajian |
|
|
|
|
|
| 5 | 0.21 |
O2 | Adanya permintaan Naskah Akademik |
|
|
|
|
|
| 4 | 0.17 |
O3 | Adanya permintaan penulisan karya ilmiah |
|
|
|
|
|
| 4 | 0.17 |
T1 | Adanya lembaga penelitian lain |
|
|
|
|
|
| 4 | 0.17 |
T2 | Adanya Konvensi Internasional |
|
|
|
|
|
| 3 | 0.13 |
T3 | Adanya perubahan politik |
|
|
|
|
|
| 4 | 0.17 |
| Total |
|
|
|
|
|
| 24 | 1.00 |
Keterangan Nilai NU:
5 = sangat tinggi
4 = tinggi
3 = cukup tinggi
2 = rendah
1 = sangat rendah
3. Evaluasi Keterkaitan Faktor Internal dan eksternal
Untuk menentukan faktor keberhasilan misi sebagai faktor-faktor strategis atau faktor kunci keberhasilan, maka perlu dilakukan penilaian terhadap setiap faktor yang teridentifikasi. Suatu faktor disebut strategis apabila memiliki nilai lebih dari faktor yang lain. Faktor yang telah memberikan nilai dukungan (kontribusi) tinggi dan keterkaitan tinggi terhadap berbagai keberhasilan yang diraih organisasi selama ini dan untuk yang akan datang, dianggap sebagai faktor strategis dan selanjutnya disebut faktor kunci keberhasilan.
Aspek yang dinilai dari tiap faktor adalah:
a. Urgensi faktor terhadap misi, meliputi Nilai Urgensi (NU) dan Bobot Faktor (BF),
b. Dukungan faktor terhadap misi, meliputi Nilai Dukungan (ND) dan Nilai Bobot Dukungan (NBD),
c. Keterkaitan antar faktor terhadap misi, meiputi Nilai Keterkaitan (NK), Nilai Rata-rata Keterkaitan (NRK), Nilai Bobot Keterkaitan (NBK).
Nilai yang diberikan pada suatu faktor secara kualitatif seperti:
a. Sangat besar (5), artinya sangat besar nilai urgensi/ nilai dukungan/ nilai keterkaitan;
b. Besar (4), artinya besar nilai urgensi/nilai dukungan/ nilai keterkaitan;
c. Sedang (3), artinya sedang nilai urgensi/nilai dukungan/ nilai keterkaitan;
d. Kecil (2), artinya kecil nilai urgensi/nilai dukungan/ nilai keterkaitan;
e. Sangat Kecil (1), artinya sangat kecil nilai urgensi/ nilai dukungan/nilai keterkaitan;
f. Dalam menilai keterkaitan antar faktor, yang tidak ada terkaitannya diberi nilai 0.
Penilaian Faktor Internal dan Eksternal
a. Cara menentukan ND, sama dengan penentuan NU.
b. Cara menentukan NBD, ditentukan dengan rumus NBD = ND X BF
c. Cara menentukan NK tiap faktor dengan memakai skala nilai 0 - 5. Penilaian sama seperti cara menilai aspek urgensi.
d. Cara menentukan NRK
TNK
NRK = ----------- X 100 %
∑ N-1
e. Cara menentukan NBK adalah NBK = NRK X BF
f. Cara menentukan TNB, bahwa TNB tiap faktor dapat dihitung dengan memakai rumus : NBD + NBK
Dalam penilaian NU, BF, ND, NBK, NK, NRK dan TNB tiap faktor dapat dilihat dalam Tabel 10 mengenai Evaluasi Keterkaitan Faktor Internal dan Eksternal.
Tabel 10 | ||||||||||||||||||||||
EVALUASI KETERKAITAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL | ||||||||||||||||||||||
No | FAKTOR INTERNAL | NU | BF (%) | ND | NBD | NILAI KETERIKATAN | FKK | |||||||||||||||
DAN EKSTERNAL | S1 | S2 | S3 | W1 | W2 | W3 | O1 | O2 | O3 | T1 | T2 | T3 | TNK | NRK | NBK | TNB | ||||||
| FAKTOR INTERNAL | |||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
S1 | Adanya peneliti berpengalaman | 4 | 0.16 | 4 | 0.64 |
| 2 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 | 4 | 4 | 3 | 2 | 4 | 36 | 3.27 | 0.52 | 1.16 | II |
S2 | Adanya komitmen pimpinan | 5 | 0.2 | 4 | 0.8 | 5 |
| 5 | 3 | 2 | 4 | 4 | 4 | 5 | 3 | 2 | 4 | 41 | 3.73 | 0.75 | 1.55 | I |
S3 | Adanya pola penelitian | 4 | 0.16 | 3 | 0.48 | 3 | 4 |
| 2 | 2 | 2 | 4 | 4 | 5 | 3 | 3 | 3 | 35 | 3.18 | 0.51 | 0.99 |
|
|
|
| 3.7 |
| ||||||||||||||||||
W1 | Minimnya peneliti ‘ber-basic’ kwantitatif | 4 | 0.16 | 3 | 0.48 | 3 | 4 | 4 |
| 3 | 2 | 3 | 3 | 3 | 2 | 2 | 2 | 31 | 2.82 | 0.45 | 0.93 | II |
W2 | Belum adanya profesor research | 5 | 0.2 | 4 | 0.8 | 2 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 22 | 2 | 0.4 | 1.2 | I |
W3 | Peralatan komputer belum mencukupi | 3 | 0.12 | 3 | 0.36 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 19 | 1.73 | 0.21 | 0.57 |
|
|
| 25 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 2.7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| FAKTOR EKSTERNAL |
|
|
|
|
| ||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
O1 | Adanya permintaan penelitian dan pengkajian | 5 | 0.21 | 5 | 1.04 | 3 | 5 | 4 | 4 | 4 | 4 |
| 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 39 | 3.55 | 0.74 | 1.78 | I |
O2 | Adanya permintaan Naskah Akademik | 4 | 0.17 | 3 | 0.5 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 3 | 3 |
| 5 | 2 | 2 | 2 | 35 | 3.18 | 0.53 | 1.03 |
|
O3 | Adanya permintaan penulisan karya ilmiah | 4 | 0.17 | 4 | 0.67 | 4 | 4 | 4 | 3 | 3 | 2 | 2 | 2 |
| 2 | 2 | 2 | 30 | 2.73 | 0.45 | 1.12 | II |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 3.93 |
|
T1 | Adanya lembaga penelitian lain | 4 | 0.17 | 3 | 0.5 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
| 1 | 1 | 11 | 1 | 0.17 | 0.67 | II |
T2 | Adanya Konvensi Internasional | 3 | 0.13 | 2 | 0.25 | 1 | 2 | 2 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
| 1 | 13 | 1.18 | 0.15 | 0.4 |
|
T3 | Adanya perubahan politik | 4 | 0.17 | 3 | 0.5 | 3 | 4 | 2 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
| 17 | 1.55 | 0.26 | 0.76 | I |
|
| 24 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 1.82 |
|
B. Memilih dan Menetapkan Faktor Kunci Keberhasilan
1. Faktor Kunci Keberhasilan
Dari hasil perhitungan matrik evaluasi keterkaitan faktor internal dan eksternal seperti pada Tabel 10 diatas maka dapat ditentukan pilihan faktor kunci keberhasilan dengan mendasarkan pada TNB yang paling besar sebagai kunci keberhasilan (FKK) Bidang Penelitian Substansi Hukum dalam rangka mencapai misi. Adapun faktor kunci keberhasilan dipilih 2 (dua) paling tinggi TNB-nya dari masing-masing faktor (kekuatan, kelemahan, peluang, dan Ancaman). Faktor-faktor Kunci Keberhasilan seperti dalam Tabel 11 Faktor-faktor Kunci Keberhasilan dibawah.
Tabel 11
FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN
FAKTOR INTERNAL | ||||
Strengths | Rank | Weaknesses | Rank | Selisih |
Adanya komitmen pimpinan | I | Belum adanya profesor research | I |
|
Adanya peneliti berpengalaman | II | Minimnya peneliti ‘ber-basic’ kwantitatif | II |
|
Total TNB | 3.7 | Total TNB | 2.7 | 1.00 |
FAKTOR EKSTERNAL |
| |||
Opportunities | Rank | Treaths | Rank |
|
Adanya permintaan penelitian dan pengkajian | I | Adanya perubahan politik | I |
|
Adanya permintaan penulisan karya ilmiah | II | Adanya lembaga penelitian lain | II |
|
Total TNB | 3.93 | Total TNB | 1.82 | 2.11 |
2. Peta Posisi Kekuatan
Hasil TNB Strengths sebesar 3.7 dan Weaknesses sebesar 2.7 menghasilkan garis ordinal pada strengths sebesar 3.7 - 2.7 = 1. Sedangkan hasil TNB Opporunities sebesar 3.93 dan Threaths sebesar 1.82 menghasilkan garis ordinat pada Opportunities sebesar 2.11
Berdasarkan total nilai bobot semua strengths, weaknesess, opportunities, dan threats dapat dipetakan posisi kekuatan Bidang Penelitian Substansi Hukum dalam Gambar 4 di bawah ini.
Gambar 4
PETA POSISI KEKUATAN
|
|
|
|
|
| S |
|
|
|
|
|
|
|
|
| |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 3.7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T |
|
|
|
|
| 1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
| O |
|
|
|
| 1.82 |
|
|
| 2.11 | 3.93 |
|
|
|
| |||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| 2.7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| W |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Gambar 6 mengenai Peta Posisi Kekuatan Bidang Penelitian Substansi Hukum diatas berada pada kwadran I, artinya Bidang Penelitian Substansi Hukum memiliki keunggulan kompetitif atau daya saing untuk melakukan perubahan. Dengan katan lain Bidang Penelitian Substansi Hukum memiliki keunggulan kompetitif atau keunggulan daya saing.
3. Faktor Kekuatan Kunci
Setelah didapat faktor kunci keberhasilan dan peta posisi kekuatan Bidang Penelitian Substansi Hukum, maka dapat ditentukan beberapa alternatif tujuan, seperti terlihat pada Tabel 12 mengenai Faktor Kekuatan Kunci yang mendeskripsikan Perumusan Alternatif Tujuan di bawah ini.
Tabel 12
FAKTOR KEKUATAN KUNCI
Rank | Srengths | Opportunity | Alternatif tujuan |
I | Adanya komitmen pimpinan | Adanya permintaan penelitian dan pengkajian | Peningkatan kinerja penyiapan penelitian dan pengkajian |
II | Adanya peneliti berpengalaman | Adanya permintaan penulisan karya ilmiah | Peningkatan kinerja penulisan karya ilmiah |
4. Penilaian dan Penentuan Tujuan
Beberapa Alternatif tujuan organisasi perlu mendapat penilaian dan penentuan tujuan. Penilaian menggunakan skala Likert dari 0 – 5. Penilaian meliputi Manfaat, Kemampuan Mengatasi Kelemahan, Kemampuan Mengatasi ncaman dan Total Nilai.
Secara keseluruhan nilai-nilai tersebut dapat dideskripsikan dalam Tabel 13 sebagai berikut :
Tabel 13
PENILAIAN DAN PENENTUAN TUJUAN
FKK | Alternatif Tujuan | M | KML | KMA | TN | |
Strengts | Opportunities | |||||
Adanya komitmen pimpinan | Adanya permintaan penelitian dan pengkajian | Peningkatan kinerja penyiapan penelitian dan pengkajian | 5 | 5 | 5 | 15 |
Adanya peneliti berpengalaman | Adanya permintaan penulisan karya ilmiah | Peningkatan kinerja penyiapan penulisan karya ilmiah | 4 | 4 | 4 | 12 |
Keterangan:
M = Manfaat
KML = Kemampuan Mengatsi Kelemahan
KMA = Kemampuan Mengatasi Ancaman
TN = Total Nilai
Berdasarkan TN terbesar dalam tabel diatas, maka alternatif tujuan yang prioritas dilakukan adalah ”Meningkatkan kinerja penyiapan penelitian”.
5. Formulasi Strategi SWOT
Formulasi strategi yang dipilih adalah strategi SO (strengths – opportunities), oleh karena peta posisi kekuatan Bidang Penelitian Substansi Hukum berada pada Kwadran I.
Formulasi antara ‘adanya komitmen pimpinan’ dengan ‘adanya ‘kebutuhan instrumen penelitian’ menghasilkan strategi kebijakan ‘lakukan pembuatan instrumen penelitian’.
Formulasi strategi SWOT dideskripsikan dalam Tabel 14 di bawah ini.
Tabel 14
FORMULASI STRATEGI SWOT
FKK Internal
FKK Eksternal | S
Adanya komitmen pimpinan
| W
Belum adanya Profesor research |
O
Adanya permintaan penelitian dan pengkajian | Strategi SO
Lakukan penyiapan penelitian dan pengkajian
| Strategi WO
Dayagunakan SDM |
T
Adanya perubahan politik
| Strategi ST
Lakukan penyesuaian | Strategi WT
Kerjakan seoptimal mungkin |
C. Rumusan Strategis dan Rencana Kerja Sasaran
Berdasarkan formulasi strategi SWOT, maka formulasi strategi strengths dan opportunities (SO) adalah ‘Lakukan Pembuatan Instrumen Penelitian’
Untuk menjamin tujuan strategi terlaksana dengan baik dalam mencapai sasaran kinerja maksimal, maka perlu disusun kebijakan operasional sebagai pedoman atau acuan dalam menjabarkan Program ke dalam tujuan strategic dan kegiatan. Implementasi tujuan strategi ke dalam kebijakan operasional kegiatan, yaitu sebagai berikut: :
Tabel 15
STRATEGI KEBIJAKAN DAN PROGRAM
Tujuan | Sasaran | Strategi | Kebijakan | Program | Kegiatan |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
Peningkatan kineja penyiapan penelitian dan pengkajian | Terwujudnya penyiapan penelitian dan pengkajian yang matang | Lakukan penyiapan penelitian dan pengkajian | Memfasilitasi peningkatan penyiapan penelitian dan pengkajian | Pembuatan sarana penyiapan penelitian dan pengkajian | 1. Inventarisasi permasalahan hukum aktual 2. Inventarisasi teori 3. Pembuatan Instrumen baku
|
Berdasarkan strategi kebijakan dan program sebagaimana dideskripsikan dalam Tabel 15, maka kegiatan yang perlu dilakukan oleh Bidang Penelitian Substansi Hukum adalah:
1. Inventarisasi permasalahan hukum aktual;
2. Inventarisasi teori; dan
3. Pembuatan instrumen baku
D. Strategi dan Rencana Kegiatan
Dari 3 (tiga) kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Bidang Penelitian Substansi Hukum, yakni:
1. Inventarisasi Permasalahan hukum aktual;
2. Inventarisasi teori; dan
4. Pembuatan Instrumen baku
selanjutnya ke 3 (tiga) kegiatan tersebut, masing-masing dijabarkan kedalam rencana kegiatannya, sebagaimana dideskripsikan dalam Tabel 16 di bawah ini:
Tabel 16
RENCANA KEGIATAN
INVENTARISASI PERMASALAHAN HUKUM AKTUAL
Kegiatan No. 1 | Rincian Kegiatan | Penanggung Jawab | Waktu | Biaya | Target | |
Inventarisasi Permasalahan Hukum Aktual | Persiapan |
|
|
|
| |
a. | Menyiapkan media | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Januari 2011 | 0 | Media informasi | |
Pelaksanaan |
|
|
|
| ||
a | Pencatatan permasalahan hukum aktual | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Pebruari s/d Nopember 2011 | 0 | Inventarisasi permasalahan | |
b | Pengelompokan permasalahan hukum | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Nopember 2011 | 0 | Permasalahan hukum dalam kelompok cabang ilmu hukum | |
c | Pengarsipan | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Desember 2011 | 0 | Arsip | |
Evaluasi |
|
| 0 |
| ||
a | Monitoring dan evaluasi | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Pebruari s/d Desember 2011 | 0 | Hasil monev | |
| b | Laporan | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Desember 2011 | 0 | Laporan kegiatan |
Tabel 17
RENCANA KEGIATAN
INVENTARISASI TEORI
Kegiatan No. 2 | Rincian Kegiatan | Penanggung Jawab | Waktu | Biaya | Target | |
Inventarisasi Teori | Persiapan |
|
|
|
| |
a. | Menyiapkan literatur | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Januari 2011 | 0 | Literatur | |
Pelaksanaan |
|
|
|
| ||
a | Pencatatan teori | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Pebruari s/d Nopember 2011 | 0 | Inventarisasi teori | |
b | Pengelompokan teori | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Nopember 2011 | 0 | Teori hukum dalam kelompok cabang ilmu hukum | |
c | Pengarsipan | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Desember 2011 | 0 | Arsip | |
Evaluasi |
|
| 0 |
| ||
a | Monitoring dan evaluasi | Kabid Penelitian Substansi Hukum Kabid Penelitian Substansi Hukum | Pebruari s/d Desember 2011 | 0 | Hasil monev | |
| b | Laporan | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Desember 2011 | 0 | Laporan kegiatan |
Tabel 18
RENCANA KEGIATAN
PEMBUATAN INSTRUMEN BAKU
Kegiatan No. 3 | Rincian Kegiatan | Penanggung Jawab | Waktu | Biaya | Target | |
Pembuatan instrumen baku | Persiapan |
|
|
|
| |
a. | Menyiapkan rencana instrumen | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Januari 2011 | 0 | Media informasi | |
Pelaksanaan |
|
|
|
| ||
a | Pembuatan draft instrmen | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Pebruari s/d Nopember 2011 | 0 | Draft instrumen | |
b | Diskusi | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Pebruari s/d Nopember 2011 | 0 | Komitmen instrumen penelitian | |
c | Finalisasi instrumen baku | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Nopember 2011 | 0 | Instrumen baku | |
d | Pengarsipan | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Desember 2011 | 0 | Arsip | |
Evaluasi |
|
| 0 |
| ||
a | Monitoring dan evaluasi | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Pebruari s/d Desember 2011 | 0 | Hasil monev | |
| b | Laporan | Kabid Penelitian Substansi Hukum | Desember 2011 | 0 | Laporan kegiatan |
Semua kegiatan tidak memerlukan biaya, oleh karena kegiatan-kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan oleh Bidang Penelitian Substansi Hukum.
[1] Anonim, Teknik-teknik Analisis Manajemen, Modul Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta, 2008, hlm. 34.
[2] Ibid.
[3] Ibid.
[4] Ibid.
[5] Anonim, Teknik-teknik Analisis Manajemen, Modul Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta, 2008, hlm. 30.
[6] Ibid., hlm 40.
[7] Ibid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar